PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN DENGAN PERMAINAN INSTRUKSIONAL MONOPOLI BERBASIS MULTIMEDIA SOFTWARE UNITY GAME ENGINE UNTUK KELAS IX SMP

Nurul Aini, Annisa (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN DENGAN PERMAINAN INSTRUKSIONAL MONOPOLI BERBASIS MULTIMEDIA SOFTWARE UNITY GAME ENGINE UNTUK KELAS IX SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi-ANNISA NURUL AINI - NIM 11201241010.pdf

Download (70MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran membaca cerpen dengan permainan instruksional monopoli berbasis multimedia software unity game engine untuk kelas IX SMP. Media yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi materi, aspek kelayakan penyajian materi, aspek kelayakan bahasa, aspek tampilan, dan aspek pemrograman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada sepuluh tahap prosedur pengembangan Borg dan Gall. Prosedur penelitian tersebut kemudian disederhanakan menjadi enam tahap, yakni analisis kebutuhan, perencanaan, produksi, validasi, revisi, dan uji coba. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli materi dan ahli media. Uji coba media dilakukan pada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas IX F SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala likert. Produk media pembelajaran ini mengakomodasi kegiatan belajar dan bermain yang menyenangkan. Produk ini didesain agar siswa dapat tertarik untuk membaca cerpen dan menguji pemahaman melalui permainan monopoli yang relatif mudah dimainkan. Siswa akan memperoleh pengalaman baru dalam membaca cerpen pada setiap level sehingga aktivitas membaca cerpen menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan hasil uji coba guru dan siswa. Hasil validasi materi dari aspek kelayakan isi materi dengan sub komponen kesesuian materi dengan SK-KD, keakuratan materi, dan pendukung materi pembelajaran menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 86% dengan rerata 4.3 berkategori sangat baik. Aspek penyajian materi berupa teknik penyajian materi dan penyajian pembelajaran yang bersifat partisipatif menunjukkan tingkat kelayakan 86% dengan nilai rerata 4.3 berkategori sangat baik. Aspek kelayakan bahasa berupa kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik dan komunikatif menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 86% dengan rerata skor 4.3 berkategori sangat baik. Hasil validasi media menunjukkan tingkat kelayakan aspek tampilan berupa desain gambar, ilustrasi, audio dan komposisi tata letak memperoleh tingkat kelayakan sebesar 68% dengan rerata 3.4 berkategori baik. Aspek pemrograman media berupa tingkat interaksi media dan kesesuaian media dengan karakteristik siswa menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 70% dengan rerata 3.5 berkategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, produk media ini dinyatakan layak dan dapat diterima serta diaplikasikan dalam pembelajaran, khususnya membaca cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27164

Actions (login required)

View Item View Item