PENGELOLAAN KELAS ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP AZ-ZAHRA DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Risti Apriliana, Risti (2015) PENGELOLAAN KELAS ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP AZ-ZAHRA DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Risti Apriliana.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan kelas anak usia dini di Play Group Az-Zahra, 2) mengetahui problematika dan solusi yang digunakan dalam pelaksanaan pengelolaan kelas anak usia dini di Play Group AzZahra Desa Balingasal Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama penelitian adalah Kepala Play Group dan pendidik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah (1) pengelolaan kelas pada anak usia dini di Play Group Az-Zahra melalui tahapan merencanakan program pengajaran yang melibatkan anak aktif, menggunakan metode pembelajaran variatif, menggunakan alat peraga yang kreatif edukatif melaksanakan pembelajaran yang komunikatif, dan penataan kelas yang kondusif (2) Problematika yang muncul dalam pengelola kelas pada anak usia dini di Play Group Az-Zahra dari pendidik yaitu terbatasnya pengetahuan pendidik tentang masalah pengelolaan dan pendekatan pengelolaan kelas, dan terbatasnya pemahaman pendidik tentang karakteristik perkembangan peserta didik. Problematika yang muncul dari anak yaitu anak cepat bosan untuk memperhatikan dalam jangka waktu yang berbeda ketika berada di kelas, anak yang pemalu dan penakut, sulit dalam berkomunikasi. Problematika fasilitas yaitu keterbatasan jumlah alat peraga dan alat permainan edukatif. Upaya untuk mengatasi problematika dari pendidik dilakukan dengan menempuh pendidikan lagi mengikuti program studi S1.PGPAUD, melakukan tukar pendapat dengan para orang tua/wali. Untuk mengatasi problematika dari anak didik dilakukan dengan membuat variasi metode pembelajaran. Untuk mengatasi keterbatasan jumlah alat peraga dan alat permainan edukatif, pendidik menyiapkan sendiri dari rumah dengan biaya sendiri, membawa alat permainan edukatif milik pendidik di rumah, dan mengatur jadwal penggunaan alat permainan edukatif. K

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item