Pengembangan Handout Bahan Ajar Terintegrasi Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Siswa SMA dan MA Pada Materi Pokok Fluida Dinamik

Koswara, Atep (2015) Pengembangan Handout Bahan Ajar Terintegrasi Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Siswa SMA dan MA Pada Materi Pokok Fluida Dinamik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atep-koswara-13708259017.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout bahan ajar fluida dinamik terintegrasi metakognisi untuk digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA/MA kelas XI MIPA sesuai dengan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa handout bahan ajar fluida dinamik terintegrasi metakognisi untuk siswa SMA/MA kelas XI MIPA. Dalam mengembangkan handout tersebut digunakan model pengembangan yang dikemukakan Borg & Gall yang meliputi 10 tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan bentuk awal produk, uji lapangan permulaan, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, serta diseminasi dan distribusi. Subyek penelitian ini adalah guru fisika dan siswa kelas XI MIA pada SMAN 8 Yogyakarta dan siswa kelas XI IPA pada MAN Laboratorium UIN Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian kualitas handout bahan ajar oleh ahli pendidikan fisika, lembar penilaian kualitas handout bahan ajar oleh guru fisika SMA/MA, lembar tanggapan siswa terhadap kualitas handout bahan ajar, tes awal kemampuan menerapkan prinsip fluida dinamik, tes akhir kemampuan menerapkan prinsip fluida dinamik, lembar tanggapan guru fisika SMA/MA terhadap penggunaan handout bahan ajar, dan lembar tanggapan siswa terhadap penggunaan handout bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis gain score, dan analisis varians dua jalur. Hasil penilaian ahli pendidikan fisika dan guru fisika SMA/MA menunjukkan bahwa handout yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik. Hasil uji lapangan permulaan menunjukkan bahwa handout yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik menurut tanggapan siswa. Hasil uji lapangan utama menunjukkan bahwa penggunaan handout tersebut mampu menghasilkan peningkatan kemampuan menerapkan prinsip fluida dinamik siswa SMA dan MA kelas XI MIPA yang signifikan dengan rata-rata peningkatan yang tinggi pada siswa SMAN 8 Yogyakarta dan sedang pada siswa MAN Laboratorium UIN Yogyakarta. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan bahwa penggunaan handout tersebut sangat praktis menurut guru fisika SMA dan praktis menurut siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian ini, handout bahan ajar fluida dinamik terintegrasi metakognisi yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada kelas XI MIPA SMA/MA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: handout, bahan ajar, fluida dinamik, metakognisi, kemampuan aplikatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item