Efektivitas Metode Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Nurussalam Tetebatu Kecamatan Sikur

Fatriani, Emilia (2015) Efektivitas Metode Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Nurussalam Tetebatu Kecamatan Sikur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atep-koswara-13708259017.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode problem based learning, serta menyelidiki metode manakah yang lebih efektif antara metode Problem based learning dan metode ceramah ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Nurussalam Tetebatu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X MA Nurussalam Tetebatu yang terdiri dari Tiga kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak dari tiga kelas yang ada, sehingga diperoleh kelas X.3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan metode problem based learning dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes, dengan instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket sikap sosial. Teknik analisis data terdiri dari: 1) one sample t-test digunakan menyelidiki keefektifan pembelajaran dengan metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa, 2) multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan metode Problem based learning dan metode ceramah, dan 3) uji lanjut Univariat dengan kriteria Bonferroni digunakan untuk menyelidiki metode mana yang lebih efektif antara metode Problem Based learning dan metode ceramah ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa MA Nurussalam Tetebatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran dengan metode problem based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Nurussalam, 2) metode ceramah tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, 3) metode ceramah efektif untuk meningkatkan sikap sosial siswa, dan 4) metode problem based learning lebih efekif dibandingkan dengan metode ceramah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Nurussalam Tetebatu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode Problem based learning, Kemampuan berpikir kritis, sikap sosial.
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 26 Feb 2016 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27135

Actions (login required)

View Item View Item