PENGARUH PENJELASAN GURU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SANITASI HIGIENE PERORANGAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON

Ellya, Suhartati (2015) PENGARUH PENJELASAN GURU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SANITASI HIGIENE PERORANGAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ellya Suhartati - 13511247008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENJELASAN GURU TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SANITASI HIGIENE PERORANGAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON Oleh: Ellya Suhartati 13511247008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan pengetahuan siswa kelas XI sebelum diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015, (2) peningkatan pengetahuan siswa kelas XI setelah diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015, (3) pengaruh peningkatan pengetahuan siswa kelas XI di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015 antara siswa yang diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru dengan siswa yang tidak diberi penjelasan pengetahuan oleh guru sebelumnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jasa Boga 1, 2, dan 3 di SMK N 1 Sewon yang berjumlah 76 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test). Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan pengetahuan siswa kelas XI sebelum diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015 berada dalam kategori sedang (59,21%); (2) peningkatan pengetahuan siswa kelas XI setelah diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015 berada dalam kategori sedang (61,84%); (3) terdapat pengaruh peningkatan pengetahuan siswa kelas XI di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015 antara siswa yang diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru dengan siswa yang tidak diberi penjelasan pengetahuan oleh guru sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (25,201>1,994) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Kata Kunci: Pengaruh Penjelasan Guru, Pengetahuan Sanitasi Higiene Perorangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Oct 2015 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27133

Actions (login required)

View Item View Item