FAKTOR DETERMINAN DALAM PERENCANAAN PROGRAM PNF PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ROTARI CLUB CENTRE (RCC) GARUDA ,YOGYAKARTA

Putri Nuranikawati, Putri (2015) FAKTOR DETERMINAN DALAM PERENCANAAN PROGRAM PNF PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ROTARI CLUB CENTRE (RCC) GARUDA ,YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Putri Nuranikawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Bagaimana perencanaan program di PKBM, (2) Faktor apa saja yang determinan dalam perencanaan program di PKBM, (3) Apa saja faktor pendukung dalam perencanaan program PNF pada PKBM RCC Garuda dan (4) Apa saja faktor penghambat dalam perencanaan program PNF pada PKBM RCC Garuda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, tutor, dan warga belajar PKBM RCC Garuda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Perencanaan program PKBM RCC Garuda dilakukan melalui proses pengumpulan data warga masyarakat, analisis situasi sekitar PKBM, identifikasi permasalahan dan kebutuhan, penentuan tujuan, penyusunan rencana kerja dan jadwal kegiatan.selain itu juga merancang pelaksanaan program dan monitoring dan evaluasi. (2) Faktor determinan dalam perencanaan program PNF yaitu tahap identifikasi masalah dan kebutuhan yang melibatkan seluruh pihak di PKBM RCC Garuda. (3) Faktor pendukung dalam perencanaan program PNF yaitu: (a) Respon positif dan dukungan dari masyarakat dalam mendukung baik perencanaan program maupun pelaksanaan program, (b) Adanya dukungan dari dinas pendidikan, (c) Adanya kepercayaan dari lembaga mitra. (4) faktor penghambat dari perencanaan program PNF yaitu: (a) keterlibatan warga belajar kurang dalam perencanaan karena faktor pendidikan, (b) pandangan warga belajar yang belum sadar dengan makna belajar, (c) Pendanaan masih mengalami pasang surut. Kata kunci: faktor determinan, perencanaan program, dan PKBM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27129

Actions (login required)

View Item View Item