TINJAUAN INTERIOR BANGUNAN PAUD ALIH FUNGSI DI PAUD MEKAR WIJAYA 2 YOGYAKARTA

Prastya Yulianto, Aji (2015) TINJAUAN INTERIOR BANGUNAN PAUD ALIH FUNGSI DI PAUD MEKAR WIJAYA 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS AJI PRASTYA YULIANTO.PDF

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi interior bangunan, kesesuaian fasilitas ruang dengan standar pelayanan minimal, permasalahan interior yang terjadi pada alih fungsi bangunan PAUD di PAUD Mekar Wijaya 2 Yogyakarta dan upaya penyelesaian masalah yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah interior PAUD alih fungsi, sedangkan objek penelitian adalah PAUD Mekar Wijaya 2 Yogyakarta. pengumpulan data menggunakan metode observasi mengenai interior bangunan dan fasilitas ruang, wawancara dengan pemilik, guru dan pengelola PAUD dan dokumentasi berupa foto ruang, literatur tentang Standar Pelayanan Minimal PAUD, data sekolah dan buku-buku mengenai interior Pendidikan Anak Usia Dini. Tahapan penelitian ini meliputi: (1) tahap orientasi/deskripsi, (2) tahap reduksi data, dan (3) tahap analisis data. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) interior bangunan PAUD Mekar Wijaya 2 Yogyakarta yang meliputi elemen desain interior, elemen estetika, tata ruang, sirkulasi & zoning ruang belajar, tata kondisi ruang, dan fasilitas ruang sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal PAUD, (2) Permasalahan interior yang terjadi pada interior bangunan PAUD alih fungsi di PAUD Mekar Wijaya 2 Yogyakarta yaitu tidak tersedianya ruang Kepala Sekolah, ruang Guru, ruang UKS, terbatasnya lahan bermain outdoor, lokasi dapur dan kamar mandi masih menyatu dengan rumah tinggal sehingga jauh dari area PAUD (3) Upaya pengelola PAUD Mekar Wijaya 2 Yogyakarta untuk menyelesaikan permasalahan ketersediaan ruang dengan dilakukan penggabungan fungsi ruang meliputi penggabungan ruang Kepala Sekolah, ruang Guru, ruang UKS dengan ruang belajar sehingga persyaratan privacy (keleluasaan diri) tidak terpenuhi, sedangkan solusi permasalahan penggunaan kamar mandi dan dapur dengan menggunakannya secara bergantian dengan pemilik rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interior, PAUD
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27128

Actions (login required)

View Item View Item