DAMPAK PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI BAGI WARGA BELAJAR DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT NGUDI MAKMUR DESA PENGASIH KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Puspita Handayani, Puspita (2015) DAMPAK PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI BAGI WARGA BELAJAR DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT NGUDI MAKMUR DESA PENGASIH KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Puspita Handayani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan usaha mandiri bagi warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Makmur secara ekonomi dan sosial, serta faktor pendukung dan faktor penghambat bagi warga belajar dalam mengimplementasikan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu warga belajar lulusan program keaksaraan usaha mandiri tahun 2012. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Dampak penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan usaha mandiri bagi warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Makmur secara ekonomi adalah peningkatan kegiatan berwirausaha, peningkatan penghasilan ekonomi keluarga, pemenuhan kebutuhan hidup, peningkatan kemampuan menabung, dan peningkatan kesejahteraan ekonomi. (2) Dampak penyelenggaraan program pendidikan kaksaraan usaha mandiri bagi warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Makmur secara sosial adalah peningkatan status sosial, peningkatan partisipasi aktif warga belajar dalam organisasi masyarakat, peningkatan kepedulian sosial, peningkatan relasi, dan peningkatan kemampuan membelajarkan ilmu kepada orang lain. (3) Faktor pendukung bagi warga belajar dalam mengimplementasikan hasil belajar adalah: memiliki bekal keterampilan, semangat warga belajar dalam berwirausaha, dukungan keluarga dan masyarakat, tuntutan kebutuhan, peluang membuka usaha, ketersediaan potensi lokal. Faktor penghambat bagi warga belajar dalam mengimplementasikan hasil belajar adalah: modal terbatas, keterampilan tidak sesuai dengan usaha yang dijalankan, keterbatasan mitra usaha, musim kemarau dan musim penghujan yang tidak menentu Kata Kunci: Dampak, sosial, ekonomi, Keaksaraan Usaha Mandiri,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item View Item