KONSEP SEKOLAH ALAM DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA DITINJAU DARI INTERIOR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Endang Sumiyarsih, Tri (2015) KONSEP SEKOLAH ALAM DI SMP IT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA DITINJAU DARI INTERIOR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS TRI ENDANG SUMIYARSIH.PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep sekolah alam di SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta ditinjau dari aspek yang meliputi pembelajaran, fasilitas, elemen interior bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran, fasilitas dan interior bangunan yang berkaitan dengan konsep sekolah alam. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMP IT Alam Nurul Islam menggunakan pembelajaran berbasis alam yaitu mengutamakan hubungan yang intensif dengan alam sekitar. Kurikulum yang digunakan mengacu kepada aspek akhlak, pengetahuan, kepemimpinan dan kewirausahaan, serta menjadikan alam sebagai media pembelajaran agar anak mendapat ilmu yang sebanyak-banyaknya dari alam semesta. (2) Ketersedian jumlah fasilitas sebagai sekolah umum sudah optimal sesuai dengan standar ketentuan pemerintah dan ruang kelas dirancang menyatu dengan suasana alam diluar kelas melalui jendela kaca dan rongga ventilasi dari dinding kayu. (3) Elemen bangunan interior (lantai, dinding, langit- langit, pintu, jendela, tangga) diutamakan mengunakan material bangunan yang berasal dari alam (anyaman bambu dan kayu kelapa) sehingga menampilkan bangunan yang menyatu dengan alam material dan material yang digunakan tersedia di lokasi berdirinya sekolah yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta.. Pengolahan tata kondisi ruang (pencahayaan, penghawaan, akustik) mengoptimalkan penggunaan sumber alami. Namun, dalam menjalankan visi dan misinya sekolah ini masih dalam proses pemenuhan sarana dan prasarana yang lebih canggih untuk melaksanakan pembelajaran berbasis alam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsep Sekolah Alam, Interior
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27125

Actions (login required)

View Item View Item