PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORKING MODEL DENGAN FLIP CHART TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT CELANA PANJANG WANITA DI SMKN 3 KLATEN

Elisabet, Shinta Noviantari (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORKING MODEL DENGAN FLIP CHART TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT CELANA PANJANG WANITA DI SMKN 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Elisabet Shinta Noviantari 09513241027.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORKING MODEL DENGAN FLIP CHART TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT CELANA PANJANG WANITA DI SMKN 3 KLATEN Oleh : Elisabet Shinta Noviantari NIM 09513241027 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita pada kelas kontrol tanpa menggunakan media working model dengan flip chart di SMKN 3 Klaten, (2) mengetahui pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita pada kelas eksperimen dengan menggunakan media working model dengan flip chart di SMKN 3 Klaten, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media working model dengan flip chart terhadap pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMKN 3 Klaten. Metode penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen menggunakan control group posttest-only design. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan April hingga Juli 2014 di SMKN 3 Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat XI SMKN 3 Klaten program keahlian busana butik sejumlah 97 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling dengan diundi kelasnya. Pada kelas XI Busana 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 32, kelas XI Busana Butik 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 32, dan kelas XI Busana Butik 2 sebagai kelas uji coba dengan jumlah peserta didik 33. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach. Teknik analisis data dengan rumus independent t-test. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita pada kelas kontrol tanpa menggunakan media working model dengan flip chart di SMKN 3 Klaten sebanyak 15 peserta didik (46,9%) sudah memenuhi KKM dan 17 peserta didik (53,1%) belum memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 85,63; nilai terendah 69,35 dan nilai rata-rata 77,19. (2) Pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita pada kelas eksperimen dengan menggunakan media working model dengan flip chart di SMKN 3 Klaten sebanyak 32 peserta didik (100%) sudah memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 95,6; nilai terendah 80,1 dan nilai rata-rata 86,27. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media working model dengan flip chart terhadap pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMKN 3 Klaten. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t sebesar t = 9,356 dengan db = 62 dan p = 0,000, karena nilai p < 0,05 maka Ha diterima, sehingga ada pengaruh penggunaan media working model dengan flip chart terhadap pencapaian kompetensi menjahit celana panjang wanita antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMKN 3 Klaten. Kata kunci: working model, flip chart, menjahit celana panjang wanita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Oct 2015 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item View Item