POLA PENGENALAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN “ BENISO ” RANDUBELANG BANGUNHARJO SEWON BANTUL

PANDU MUSTAQIM, PANDU (2015) POLA PENGENALAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN “ BENISO ” RANDUBELANG BANGUNHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
PANDU MUSTAQIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Pola program pengenalan nilai-nilai budaya lokal pada anak usia dini di Kelompok Bermain BENISO. 2) Model pembelajaran yang diberikan dalam mengenalkan budaya lokal pada anak usia dini. 3) Faktor pendorong dan penghambat serta upaya untuk mengatasi hambatan dalam pengenalan nilai-nilai budaya lokal pada anak usia dini di kelompok bermain BENISO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, pendidik, pengasuh, dan orangtua anak didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah kualitatif dengan reduksi data, dan verifikasi data. Trianggulasi dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengenalan nilai-nilai budaya lokal di Kelompok Bermain BENISO dikenalkan melalui Program Pengenalan bahasa dan tata cara kehidupan jawa dalam pembelajaran, Program Pembelajaran Karawitan, Program Pembelajaran membatik, Program Pembelajaran seni tari. 2) Model pembelajaran yang digunakan yaitu BCCT dengan cara memberi contoh langsung secara konkret (keteladanan), pembiasaan yaitu pendidik membiasakan anak-anak di Kelompok Bermain BENISO dan kegiatan bermain sambil belajar. 3) Faktor pendorong: Memiliki struktur organisasi yang sudah tertata rapi, Pendidik/pengasuh memiliki kreativitas untuk bisa menyampaikan nilai-nilai budaya lokal dalam setiap kegiatan, Pendidik/pengasuh memahami arti pentingnya menanamkan nilai-nilai budaya lokal pada anak usia dini. Faktor penghambatnya kurangnya tenaga pendidik yang menguasai dalam hal budaya lokal, Anak didik yang belajar di Kelompok Bermain BENISO memiliki keanekaragaman karakteristik, usia, tingkah laku dan sifat yang berbeda-beda, karakteristik orangtua yang berbeda-beda. Kata kunci:nilai-nilai budaya lokal, kelompok bermain BENISO

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:28
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27112

Actions (login required)

View Item View Item