IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(PKBM) WIYATASARI TAPEN ARGOSARI SEDAYU BANTUL

PANCA SETIAWAN, PANCA (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(PKBM) WIYATASARI TAPEN ARGOSARI SEDAYU BANTUL. S1 thesis, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
pancasetiawan, 09102249018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai implementasi pembelajaran kesetaraan paket B di PKBM Wiyatasari meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta persepsi peserta didik mengenai pembelajaran yang dilaksanakan oleh tutor di PKBM Wiyatasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek pendidik dan peserta didik di PKBM Wiyatasari. Setting Penelitian ini adalah di PKBM Wiyatasari.Pembuktian keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mengenai implementasi pembelajaran kesetaraan Paket B di PKBM Wiyatasari yaitu meliputi tahap – tahap : 1) perencanaan pembelajaran yaitu berupa Silabus dan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tidak dilakukan oleh tutor, 2) proses pelaksanaan pembelajaran meliputi tahap praintruksional, instruksional dan evaluasi, pada tahap prainstruksional yaitu tahap persiapan sebelum mengajar meliputi memeriksa kehadiran, kondisi kelas dengan alokasi waktu yang singkat, tahap instruksional yaitu tahap ketika pembelajaran dilakukan kepada peserta didik, tahap ini menyajikan materi, dengan menerapkan berbagai metode, media, dan strategi pembelajaran, tahap evaluasi pada proses pelaksanaan tutor memberikan umpan balik kepada peserta didik dengan memberikan simpulan atau kuis, post test, dan memberitahu materi selanjutnya 3) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian tes tertulis, kuis, tugas, ulangan harian, ulangan akhir semester, acuan penilaian yang digunakan adalah PAP (Penilaian Acuan Patokan), hasil penilaian tersebut diberikan dalam bentuk rapor, 5) persepsi peserta didik meliputi persepsi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan, media yang digunakan, fasilitas kelas dan pembelajaran, metode, serta motivasi peserta didik., Kata kunci : Implementasi Pembelajaran, Kesetaraan Paket B, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:25
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item