PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE ALFABET UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA “MENGENAL HURUF ALFABET” BAGI SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI BANDONGAN 1 MAGELANG

Risalatul Hasanah, Anita (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE ALFABET UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA “MENGENAL HURUF ALFABET” BAGI SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI BANDONGAN 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Anita Risalatul Hasanah_11105241005 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat permainan edukatif maze alfabet yang layak untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia “mengenal huruf alfabet” bagi siswa kelas I SD N Bandongan 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah penelitian pengembangan dari Borg dan Gall yang dimodifikasi. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan hanya sampai tahap ketujuh, yaitu tahap revisi atau penyempurnaan produk akhir. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan yaitu, melakukan studi pendahuluan, dilanjutkan pengembangan produk dengan melakukan produksi dan validasi ahli materi serta ahli media. Uji coba produk yang dilaksanakan melalui dua tahapan, yaitu uji coba lapangan awal dengan 5 subjek dan uji coba lapangan utama dengan 15 subjek yang dilaksanakan di SD N Bandongan 1 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat permainan edukatif maze alfabet yang menggunakan langkah pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi dikategorikan layak, hal ini didasarkan pada hasil penilaian produk oleh ahli materi yang termasuk dalam kategori layak dan memperoleh skor rerata 90. Penilaian produk oleh ahli media yang termasuk dalam kategori layak dan memperoleh skor rerata 129. Respon siswa terhadap alat permainan edukatif maze alfabet berdasarkan ujicoba kepada siswa yaitu pada uji coba lapangan awal dengan 5 subjek termasuk dalam kategori layak dengan prosentase sebesar 98%. Sedangkan pada uji coba lapangan utama dengan 15 subjek termasuk dalam kategori layak dengan prosentase sebesar 97%. Hasil keseluruhan uji coba alat permainan edukatif maze alfabet adalah layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27107

Actions (login required)

View Item View Item