PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP CITA-CITAKU UNTUK SISWA KELOMPOK B TK MARDI PUTERA WONOSOBO

Pramukti, Ingga (2015) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP CITA-CITAKU UNTUK SISWA KELOMPOK B TK MARDI PUTERA WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ingga Pramukti_08105241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria untuk tema pekerjaan kelas B Taman Kanak-kanak dengan materi “Cita-cita dan Pekerjaan” ditinjau dari aspek perkembangan anak, aspek materi, dan aspek tampilan media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan beberapa langkah yaitu penelitian pendahuluan dan pengumpulan data awal, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, perbaikan produk akhir. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Media buku pop-up cita-citaku telah memenuhi kriteria kebaikan untuk untuk proses pembelajaran sesuai dengan hasil dari validasi ahli media, ahli materi, dan 3 kali tahap uji lapangan. Hasil penilaian media pembelajaran berdasarkan prosedur pengembangan media: uji validasi ahli materi sebesar 2,77, ahli media sebesar 3,00. Pada uji coba lapangan tahap awal dengan rerata 2,78, uji coba lapangan utama dengan rerata 2,73 dan untuk uji coba lapangan operasional sebesar 2,73 termasuk dalam kriteria baik. Secara keseluruhan maka media pembelajaran ini termasuk dalam kriteria baik atau sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran di Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27106

Actions (login required)

View Item View Item