PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Huda, Nur (2015) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nur Huda_10105241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran “Gejala Alam” terhadap hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD, yang berjumlah 30 orang siswa kelompok kontrol dan 30 orang siswa kelompok eksperimen. Desain yang digunakan Post-Test only control group design. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media video “Gejala Alam” terhadap hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung lebih besar dari ttabel(2,9 >2,002).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27105

Actions (login required)

View Item View Item