Purwaka, Fajar (2015) PENERAPAN PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM SERIAL FILM UPIN DAN IPIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Fajar Purwaka_08105241021.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan prinsipprinsip desain pesan pembelajaran yang meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, prinsip partisipasi aktif penonton, prinsip umpan balik, dan prinsip perulangan dalam serial film Upin dan Ipin session 1. Jenis penelitian ini adalah analisis isi. Obyek analisis dalam penelitian ini adalah serial Upin dan Ipin Session 1, terdiri atas enam episode. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar koding (coding sheet). Teknik analisis data yang dipakai adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Upin dan Ipin Session 1 menerapkan prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran. Prinsip desain pesan pembejaran yang diterapkan adalah prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif penonton, umpan balik, dan perulangan. Bentuk penerapan prinsip kesiapan dan motivasi berupa pengenalan karakter utama di setiap awal episode, menampilkan judul episode, pengondisian penonton, memberikan pengantar cerita, dan mengenalkan character objective atau misi karakter utama. Bentuk penerapan prinsip penggunaan alat pemusat perhatian berupa daya tarik karakter berupa karakter yang atraktif, daya tarik rasa takut berupa adegan yang menampilkan rasa takut karakter utama akan misi yang akan dipikulnya, daya tarik humor, daya tarik kesalahan berupa kesalahan yang dibuat oleh Upin dan Ipin yang berpotensi menggagalkan puasanya, dan anthropomorphic berupa karakter asap seolah-olah hidup dan ayam yang bertingkah selayaknya manusia. Bentuk penerapan prinsip partisipasi aktif penonton berupa direct address. Lewat teknik direct address, Upin menginstruksikan penonton untuk duduk sebelum menonton. Bentuk penerapan prinsip umpan balik dalam serial Upin dan Ipin session 1 meliputi umpan balik yang informatif, umpan balik peringatan, dan umpan balik motivasi. Umpan balik informatif berupa jawaban-jawaban Opah atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Upin dan Ipin mengenai puasa Ramadhan. Umpan balik peringatan berupa peringatan Mei-mei kepada Upin dan Ipin agar tidak makan dan minum saat puasa meskipun tidak ada orang yang tahu. Umpan balik motivasi berupa dorongan Opah kepada Upin dan Ipin agar mereka berpuasa secara ikhlas. Bentuk penerapan prinsip perulangan dalam session 1 berupa perulangan informasi mengenai waktu berbuka dan mengenai hukum berpuasa setengah hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 19 Oct 2015 02:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27103 |
Actions (login required)
View Item |