PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF JENGA KARTU PINTAR (JENG KATAR) UNTUK TEMA “ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN” KELAS V SD

Aji Prayogo, Wahyu (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF JENGA KARTU PINTAR (JENG KATAR) UNTUK TEMA “ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN” KELAS V SD. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Wahyu Aji Prayogo_10105241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan APE Jenga Kartu Pintar (Jeng Katar) untuk Tema “Organ Tubuh Manusia dan Hewan” Kelas V SD yang baik untuk digunakan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedia APE unuk tema “Organ Tubuh Manusia dan Hewan “ kelas V yang baik digunakan. APE Jeng Katar dikembangkan dengan mengadaptasi dan memodifikasi langkah penelitian R&D yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi pencarian data awal, perencanaan, pengembangan rancangan produk, uji coba produk awal, revisi produk awal, uji coba produk lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba produk lapangan operasional, dan revisi akhir produk. Produk awal dinilai dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Wonosobo dimana siswa akan mencoba APE sebanyak tiga tahap, yaitu: ujicoba produk lapangan awal, ujicoba produk lapangan utama, dan ujicoba produk lapangan oprasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan produk alat permainan edukatif Jeng Katar dengan menggunakan sembilan tahap penelitian R&D menurut Borg & Gall. Pada validasi ahli media, APE Jeng Katar mendapatkan hasil penilaian “Sangat Baik” dan pada validasi ahli media, APE Jeng Katar mendapakan hasil penilaian “Sangat Baik”. Telah dilakukan uji coba produk awal dengan melibatkan 3 orang siswa kelas V SD dengan hasil respon “Baik”. Selanjutnya, telah dilakukan uji coba produk lapangan utama melibatkan 9 orang siswa kelas V SD dengan hasil respon “Baik”. Telah dilakukan uji coba produk lapangan operasional melibatkan 20 orang siswa kelas V SD dengan hasil “Baik” dan hasil akhir produk dalam penelitian menunjukkan bahwa APE Jeng Katar “Baik” digunakan dalam proses pembelajaran tema “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item View Item