Nurhayati, Hesti (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF RUMAH KATA UNTUK ANAK TK KELOMPOK B. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Hesti Nurhayati_11105241041.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif yang layak digunakan untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosi anak TK Pertiwi Tampirwetan kelompok B, Candimulyo, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Langkah yang ditempuh peneliti hanya tujuh langkah yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan utama, 7) penyempurnaan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan observasi. Kelayakan produk berdasakan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan anak TK Pertiwi Tampirwetan sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan anak TK Pertiwi Tampirwetan dianalisis dengan konversi skala lima. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,3 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatan rerata skor 4,09 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata penilaian pada uji lapangan utama 3,98 dengan kriteria baik, sehingga secara keseluruhan produk alat permainan edukatif Rumah Kata hasil pengembangan dikatakan layak untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosi anak TK Pertiwi Tampirwetan kelompok B.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 19 Oct 2015 00:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27101 |
Actions (login required)
View Item |