PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD NEGERI POGUNG KIDUL

Vawziyyah, Vawziyyah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD NEGERI POGUNG KIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Vawziyyah_11105244025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa saat diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis n Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III di SD Negeri Pogung Kidul yang berjumlah 25 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes (pre test dan post test), metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika ada 75% atau lebih dari jumlah siswa yang sudah tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS yaitu 71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I pada pre test jumlah siswa yang tuntas ada tiga siswa, jika dipersentasekan adalah 12 % dari jumlah siswa dengan nilai rata-rata 48,8. Kemudian, pada post test jumlah siswa yang tuntas ada 18 siswa, jika dipersentasekan adalah 72% dari jumlah siswa dengan nilai rata-rata 76,0. Persentase peningkatan pre test ke post test pada siklus I adalah 60%. Pada siklus II, hasil pre test menunjukkan jumlah siswa yang tuntas ada dua siswa, jika dipersentasekan adalah 8 % dari jumlah siswa dengan nilai rata-rata 47,8. Kemudian, pada post test menunjukkan jumlah siswa yang tuntas adalah 25 siswa, jika dipersentasekan adalah 100% dari jumlah siswa dengan nilai rata-rata 85,2. Persentase peningkatan pre test ke post test pada siklus II adalah 92%. Dari hasil beberapa analisis tersebut, maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27100

Actions (login required)

View Item View Item