PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Pratomo, Galih (2015) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
GALIH PRATOMO_11105244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran konstruktivistik dalam Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Condongcatur beserta kendala kultural dan struktural yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan model pembelajaran konstruktivistik dalam Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Condongcatur meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang mencakup kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan, serta kegiatan penutup pembelajaran. Pada kegiatan pendahuluan, pendidik memantapkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan materi baru yang akan dipelajari. Kegiatan inti mengarah pada student centered learning melalui berbagai aktivitas belajar seperti; mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Kegiatan penutup dilakukan dengan menyimpulkan hasil belajar serta memberikan program pengayaan. Terdapat kendala kultural dan struktural selama pelaksanaan model pembelajaran konstruktivistik dalam Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Condongcatur. Kendala kultural terjadi pada proses pembelajaran, peran peserta didik, peran pendidik, sarana belajar, dan evaluasi belajar sehingga kultur student centered learning belum terbentuk secara optimal. Sedangkan kendala struktural terjadi pada banyaknya tuntutan administrasi yang harus dipenuhi pendidik. Selain itu terdapat beberapa kendala lain yang terjadi, seperti pada tingkat pemahaman pendidik, kedalaman materi, alokasi waktu, dan format penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item View Item