PELAKSANAAN PROGRAM ENGLISH CAMP TAHFIDZQU DI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA

Dian Nuranggraeni, Eva (2015) PELAKSANAAN PROGRAM ENGLISH CAMP TAHFIDZQU DI RUMAH TAHFIDZQU DERESAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Eva Dian Nuranggraeni_101065244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai bagaimana pelaksanaan program English Camp TahfizdQu mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat program English Camp di Rumah TahfizdQu. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah penyelenggaran program, dan pendidik di Rumah TahfizdQu. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Oktober 2014 sampai Maret 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal perencanaan pembelajaran pendidik mempersiapkan perencanaan telah disesuaikan oleh kebutuhan peserta didik dan silabus, tetapi rencana pelaksanaan pembelajaran hanya dibahas secara lisan dengan mengadakan pertemuan tanpa menyusun secara tertulis. Kemudian proses pembelajaran yang terdiri dari; 1) kegiatan pendahuluan pendidik mempersiapkan fisik dan mental peserta didik guna untuk membangkitkan motivasi belajar, dengan memberikan ilustrasi cerita sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran; 2) kegiatan inti mengutamakan partisipasi peserta didik, bersifat interaktif, insipratif, menyenangkan dan menantang dengan menggunakan metode serta pemanfaatan media sesuai kebutuhan peserta didik; 3) kegiatan penutup melakukan review, merefleksikan materi dengan kehidupan sehari-hari, mengulang materi yang disampaikan dengan praktik mengucapkan tanpa memyimpulkan suatu rangkuman/ kesimpulan kemudian mengakhiri. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara tes dan non tes dilihat dari proses dan akhir pembelajaran, aspek yang dinilai dalam program pembelajaran yaitu menguatamakan aspek kognitif berupa keberanian dan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item View Item