PENGEMBANGAN CD AUDIO PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Nur Hidayah, Herlina (2015) PENGEMBANGAN CD AUDIO PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HERLINA NUR HIDAYAH_11105241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD audio pembelajaran Asmaul Husna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik bagi siswa kelas V SD/SDLB. Pengembangan CD audio pembelajaran Asmaul Husna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini dengan menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SLB A Yaketunis Yogyakarta, dengan dua tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 2 subjek, dan uji coba lapangan dengan 4 subjek. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengembangan CD audio pembelajaran Asmaul Husna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini dengan menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah. Berdasarkan hasil penilaian produk oleh ahli materi yang meliputi aspek materi dan aspek penyajian materi menunjukkan bahwa CD audio dinyatakan Sangat Baik (4,305) dan penilaian produk oleh ahli media yang meliputi aspek narasi, aspek fisik dan aspek musik/sound effect diperoleh hasil Sangat Baik (4, 15). Pada hasil uji coba lapangan awal didapatkan hasil Baik (80%) dan hasil uji coba lapangan diperoleh hasil Baik (95%). Program CD Audio Asmaul Husna yang dikembangkan bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menghapal Asmaul Husna, tidak hanya itu tujuan lainnya adalah agar siswa dapat mengerti makna dan meneladani Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. Media CD audio ini dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran oleh guru maupun digunakan sendiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27094

Actions (login required)

View Item View Item