PERAN PONDOK PESANTREN ROUDLOTUTH THOLIBIN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PENGAJIAN DI BAKULAN KEMANGKON PURBALINGGA

Ilham Prasetyo Putro, Ilham (2015) PERAN PONDOK PESANTREN ROUDLOTUTH THOLIBIN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PENGAJIAN DI BAKULAN KEMANGKON PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ILHAM PRASETYO PUTRO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana peran pondok pesantren dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengajian, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pondok pesantren, (3) Bagaimana bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan, (4) Faktorfaktor yang mempengaruhi atau yang mendukung serta yang menghambat pelaksanaan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengajian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, ustadz, dan santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran pondok pesantren dalam meningkatkan partisipasi masyarakat antara lain dengan memberikan pelayanan pemberian pendidikan agama Islam sebagai pusat kajian Islam, pengembangan dakwah, pengembangan solidaritas dan ukhuwah Islamiyah sesama santri maupun dengan masyarakat (2) Pelaksanaan pendidikan pondok pesantren menggunakan sistem salaf dengan komponen pembelajaran antara lain: santri, ustadz, lokasi, waktu, fasilitas, metode pembelajaran, materi pembelajaran, pembiayaan, strategi pembelajaran, evaluasi, (3) Bentuk partisipasi masyarakat desa Bakulan khususnya dalam kegiatan agama Islam antara lain ikut serta dalam kegiatan pembangunan masjid/mushola, mengikuti kegiatan pengajian rutin maupun musiman, ikut menjaga kerukunan sesama umat beragama maupun antar umat beragama, (4) Faktor pendukung tersedianya sarana dan prasarana, dukungan masyarakat desa dalam kegiatan pondok pesantren, sedangkan dari faktor penghambat antara lain ustadz belum kompeten menyampaikan ajaran agama Islam, pendanaan yang tergantung dari donatur. Kata kunci: partisipasi masyarakat, pondok pesantren, pengajian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27089

Actions (login required)

View Item View Item