IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PEREMPUAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN OLEH PAGUYUBAN AKSARA GREEN DI DESA DENGOK, KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Havissah Dyah Alaini, Havissah (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PEREMPUAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN OLEH PAGUYUBAN AKSARA GREEN DI DESA DENGOK, KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
HAVISSAH DYAH ALAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan implementasi Pendidikan Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh tutor dan nara sumber teknis di Paguyuban Aksara Green, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Pendidikan Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah pengelola lembaga, nara sumber teknis dan tutor, serta warga belajar. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi Pendidikan Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Paguyuban Aksara Green menyampaikan materi keaksaraan dan keterampilan berwawasan lingkungan, diterapkan dengan prinsip pembelajaran partisipatif yang nampak pada materi pembelajaran, persiapan pembelajaran, persiapan dan tahapan pembelajaran, media belajar, serta evaluasi belajar, 2) Faktor pendukung implementasi Pendidikan Perempuan antara lain adalah komitmen pengelola lembaga, dukungan dan partisipasi dari mitra, penerapan prinsip pembelajaran partisipatif, serta akses sarana belajar yang mudah. Sedangkan yang menjadi kendala adalah tambahan waktu untuk mengulang materi bagi warga lanjut usia, waktu belajar bersamaan dengan aktivitas pertanian, keterampilan mendidik yang dimiliki nara sumber teknis masih kurang. Kata Kunci : Pendidikan perempuan, pembangunan berkelanjutan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27086

Actions (login required)

View Item View Item