PENINGKATAN STABILITAS GERAK MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PAPER QUILLING PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA BALONG CANGKRINGAN SLEMAN

Novita, Damayanti (2015) PENINGKATAN STABILITAS GERAK MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PAPER QUILLING PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA BALONG CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Novita Damayanti_11111247013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas gerak motorik halus anak melalui paper quilling pada anak Kelompok B TK ABA Balong Cangkringan Sleman. Permasalahan yang terjadi yaitu masih rendahnya stabilitas gerak motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 16 anak yang terdiri dari sembilan anak perempuan dan tujuh anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (checklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan stabilitas gerak motorik halus anak dikatakan berhasil apabila persentase keberhasilan mencapai 75%. Persentase rata-rata kemampuan stabilitas gerak motorik halus anak mengalami peningkatan setelah anak melakukan pemanasan di awal kegiatan dan adanya pembagian kelompok yang tepat yang dilakukan oleh guru sehingga membuat anak lebih konsentrasi karena kelas menjadi lebih kondusif. Kondisi awal menunjukan kemampuan stabilitas gerak motorik halus anak sebesar 46,87%, meningkat pada Siklus I menjadi 64,58% dan pada Siklus II mencapai 80,21%. Proses dalam meningkatkan stabilitas gerak motorik halus melalui paper quilling yaitu anak mengambil kertas dan jarum quilling, menyisipkan kertas quilling ke dalam jarum tersebut, memutar jarum agar kertas dapat tergulung, melepas jarum dari gulungan kertas, memberi lem pada ujung kertas, dan menempel hasil gulungan pada kertas yang telah disediakan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelompok B TK ABA Balong melalui kegiatan paper quilling telah berhasil. Kata kunci: stabilitas gerak motorik halus, paper quilling, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27080

Actions (login required)

View Item View Item