KEMAMPUAN MENGGAMBAR BEBAS SEBELUM PEMBELAJARAN PADA ANAK TK KELOMPOK A DAN B TK AL ‘IDAD AN-NUUR

Winda, Tresnaningsih (2015) KEMAMPUAN MENGGAMBAR BEBAS SEBELUM PEMBELAJARAN PADA ANAK TK KELOMPOK A DAN B TK AL ‘IDAD AN-NUUR. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menggambar bebas yang dilakukan sebelum pembelajaran efektif dimulai pada anak TK kelompok A dan B TK Al’Idad An-Nuur. Kemampuan menggambar bebas dalam penelitian ini adalah kecakapan seorang anak dalam menggambar dengan alat gambar yang digunakan secara bebas mengungkapkan ide, gagasan, perasaan, imajinasi dan ekspresi tanpa ada unsur paksaan melalui permainan tekstur pola, warna, dan objek gambar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif survei. Populasi penelitian sebanyak 70 anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok A dan B TK Al’Idad An-Nuur dengan jumlah 40 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dengan portofolio. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil check list (lembar observasi) disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan menggambar bebas kelompok A adalah 43,5% dan kelompok B 47,5% yang termasuk dalam predikat cukup baik. Kemampuan menggambar bebas dinilai dari lima aspek yaitu kemampuan mengungkapkan ide dan gagasan, kemampuan mengungkapkan imajinasi dan perasaan, kerincian menguraikan beragam bentuk, keaslian dalam membuat karya gambar, dan ketidakmunculan komposisi stereotip dalam karya gambar. Kata kunci: kemampuan menggambar bebas, perkembangan seni rupa AUD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27070

Actions (login required)

View Item View Item