PEMBINAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA AL-HAKIM (SINAR MELATI 2) DUSUN PADASAN KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Novita Lia Ningrum, Novita (2015) PEMBINAAN ANAK YATIM DAN DHUAFA DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA AL-HAKIM (SINAR MELATI 2) DUSUN PADASAN KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
NOVITA LIA NINGRUM.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1). pembinaan anak yatim dan dhuafa di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Al-Hakim, (2). keterampilan yang diberikan pada anak asuh di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Al-Hakim (Sinar Melati 2), dan (3). faktor pendukung dan penghambat pembinaan anak yatim dan dhuafa Al-Hakim (Sinar Melati 2). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengasuh, dan anak asuh. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang di bantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pembinaan anak yatim dan dhuafa dengan cara membina yang adil dan selalu dengan musyawarah dalam menekankan nilai-nilai kedisiplinan dan pembiasaan diri dalam kegiatan keseharian anak di panti asuhan seperti membiasakan anak bangun di pagi hari, memasak, melaksanakan tugas piket, melaksanakan sekolah formal sampai melaksanakan keterampilan. Pembinaan keagamaan untuk membiasakan anak dalam sholat berjamaah, menghafal Al-Quran, mengikuti kajian rutin beserta materi yang diberikan. Pembinaan budi pekerti seperti membina kerukunan antar anak asuh dan pengasuh juga masyarakat sekitar, membiasakan anak untuk selalu meminta izin kepada pengasuh kalau keluar dan masuk panti asuhan. Metode pembinaan anak yang meliputi metode ganjaran atau hukuman, metode pengetahuan dan keterampilan melalui informasi dan metode pemberian contoh, (2). keterampilan yang diberikan meliputi: keterampilan menjahit, keterampilan pertanian organik, kegiatan kebun buah naga, usaha ekonomi produktif, (3). faktor pendukung pembinaan anak antara lain: tersedianya sarana dan prasarana seperti gedung asrama, aula, buku, meja, lemari, dan fasilitas lainnya, instruktur ketrampilan yang sesuai dengan bidang, dan adanya kerja sama dengan mitra kerja. Dan faktor penghambat antara lain: belum tersalurnya anak asuh sesuai dengan keterampilan, belum tersedianya perpustakaan untuk anak asuh, minimnya tenaga pengajar dan pengasuh, dan menurunnya tingkat keinginan anak dalam mengikuti keterampilan. Kata Kunci : pembinaan, keterampilan, anak yatim dan dhuafa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27067

Actions (login required)

View Item View Item