PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK TERLANTAR DI BALAI REHABILITASI SOSIAL “WILOSO MUDA-MUDI” PURWOREJO

Nindhita Nur Manik, Nindhita (2015) PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK TERLANTAR DI BALAI REHABILITASI SOSIAL “WILOSO MUDA-MUDI” PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Nindhita Nur Manik.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan anak terlantar di Balai Rehabilitasi Sosial “Wiloso Muda-Mudi” Purworejo; 2) Mengetahui peran pendamping Balai Rehabilitasi Sosial “Wiloso Muda-Mudi”; 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembinaan anak terlantar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak di Balai Rehabilitasi Sosial “Wiloso Muda-Mudi” Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik/metode dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembinaan anak terlantar meliputi (a) penyampaian materi menggunakan bahasa sederhana dan diselingi dengan contoh kehidupan sehari-hari. (b) Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek. (c) Media pembelajaran yang digunakan seperti modul, leaflet, dan film. (d) Sikap pembimbing dalam kegiatan pembinaan ramah, humoris, tegas, dan akrab. (e) lingkungan/suasana belajar yang menyenangkan membuat anak tidak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan. 2) Peran pendamping adalah (a) pembela, (b) pemungkin, (c) pemberi motivasi, (d) penghubung, e) penjangkau. 3) Faktor pendukung pembinaan adalah (a) adanya kerjasama antar pendamping dan pihak luar/lembaga terkait dalam pelaksanaan pembinaan, (b) adanya dukungan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, (c) tersedianya sarana prasarana pelaksanaan pembinaan. Faktor penghambat pembinaan adalah (a) adanya anak yang bercanda dengan teman disekitarnya ketika kegiatan berlangsung, (b) keterbatasan waktu yang dimiliki anak menyebabkan anak tidak mengikuti kegiatan pembinaan, (c) kurangnya disiplin anak dalam mengikuti kegiatan pembinaan. Kata kunci: Pelaksanaan Pembinaan, Anak Terlantar, Balai Rehabilitasi Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item View Item