Meitha Purvitasari, Meitha (2015) STRATEGI PEMASARAN SPS MUTIARA HATI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK DI PADUKUHAN KARANGMALANG CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
Meitha Purvitasari (09102244013).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan strategi pemasaran dalam penerimaan peserta didik di SPS Mutiara Hati, 2) mendeskripsikan peran pengelola, pendidik, orang tua dan tokoh masyarakat setempat dalam aktivitas pemasaran SPS Mutiara Hati, 3) mendeskripsikan dampak dari strategi pemasaran yang dilakukan SPS Mutiara Hati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data/subjek penelitian ini meliputi pengelola, tenaga pendidik, orang tua murid, tokoh masyarakat. Setting penelitian adalah SPS Mutiara Hati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Strategi pemasaran SPS Mutiara Hati dimulai dari identifikasi pasar, segmentasi pasar, diferensiasi produk, komunikasi pemasaran dan layanan sekolah. (2). Peran yang dilakukan oleh pengelola berupa melakukan identifikasi pasar, penentuan segmentasi pasar, deferensiasi produk, melakukan komunikasi pemasaran dan meningkatkan layanan sekolah dengan produk yang dihasilkan, peran tenaga pendidik ikut melakukan identifikasi pasar, penentuan segmentasi pasar, diferensiasi produk, komunikasi pemasaran dan layanan sekolah, peran orang tua murid ikut dalam komunikasi pemasaran dengan cara “direct promotion” atau pemasaran langsung dan peran tokoh masyarakat setempat dalam aktivitas pemasaran SPS Mutiara Hati ikut dalam identifikasi pasar dan komunikasi pemasaran berupa “direct promotion” atau pemasaran langsung . (3). Dampak dari strategi pemasaran yang dilakukan SPS Mutiara Hati adalah semakin di kenalnya SPS Mutiara Hati hal ini terbukti dari banyaknya peserta didik yang datang dari luar Karangmalang dengan demikian meningkatlah jumlah peserta didik hingga 50% pada setiap tahunnya, SPS Mutiara Hati mempunyai segementasi yang jelas yaitu anak usia dua sampai lima tahun yang bisa mendaftar dan SPS Mutiara Hati tidak membeda-bedakan latar belakang orangtua. Kata Kunci : Strategi pemasaran, SPS Mutiara Hati, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 06:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27050 |
Actions (login required)
View Item |