PELAKSANAANPENDAMPINGAN BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN DI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Maya Sofia Rokhmah, Maya (2015) PELAKSANAANPENDAMPINGAN BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN DI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Maya Sofia Rokhmah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Pelaksanaan pendampingan bagi anak korban kekerasan yang di lakukan oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendampingan, 3) Dampak pelaksanaan pendampingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY, pengurus lembaga, pendamping/pekerja sosial Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY, anak korban kekerasan dan orang tua anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendampingan yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) DIY berupa pendampingan medis, psikologis dan yuridis. Cara pendampingan yaitu dengan home visit. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendampingan : a) latar belakang keilmuan yang ditekuni pendamping sangat mendukung pelaksanaan pendampingan, b) jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, c) adanya kepercayaan dari pihak-pihak terkait. Faktor penghambat pelaksanaan pendampingan : a) kurangnya sumber daya manusia (SDM), b) waktu pelaksanaan pendampingan yang kadang tidak sesuai dengan apa yang direncanakan, c) pihak lembaga yang belum memiliki shelter untuk anak. 3) dampak pelaksanaan pendampingan : a) dapat mengembalikan anak pada kondisi keberfungsian sosial, b) anak dapat mandiri, c) pulihnya psikologi anak korban kekerasan. Kata Kunci : Pendampingan, Anak Korban Kekerasan, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item