HIMBAUAN PEMAKAIAN JILBAB SISWI MUSLIM DALAM UPAYA PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Suliasih, Naning (2011) HIMBAUAN PEMAKAIAN JILBAB SISWI MUSLIM DALAM UPAYA PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HIMBAUAN PEMAKAIAN JILBAB SISWI MUSLIM DALAM UPAYA PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kebijakan berupa himbauan pemakaian jilbab untuk siswi muslim di SMA Negeri 7 Yogyakarta, sekolah negeri yang menggunakan seragam panjang dan memakai jilbab. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang bagaimana penyebab, dampak dan hambatan dalam himbauan pemakaian jilbab siswi muslim dalam upaya pendidikan budi pekerti di SMA Negeri 7 Y ogyakarta. , Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer berasa1 dari siswi muslimkelas X serta guru di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi buku-buku, majalah , koran atau jurnal penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat, pemeriksaan melalui diskusi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi penyebab munculnya himbauan pemakaianjilbab siswi muslim dalam upaya pendidikan budi pekerti di SMA Negeri 7 Yogyakarta yaitu: (1) Menjalankan perintah agama dalam hal menutup aurat perempuan muslim; (2) Untuk pencapaian Misi dan Visi sekolah ; (3) Membentuk perilaku siswi di lingkungan sekolah agar lebih beriman dan bertaqwa. Dampak yang ditimbulkan dari adanya himbauan tersebut terhadap perilaku siswi muslim di sekolah yaitu: keikutsertaan da1am kegiatan keagamaan dan peribadatan, perilaku siswi yang mencerminkan budi pekerti yang baik, adaptasi siswi muslim untuk memakai jilbab yang sesuai ketika berada di sekolah, interaksi sosial yang baik antar siswi dan antara siswi dengan guru dalam pendidikan budi pekerti di kelas, identitas diri siswi muslim semakin jelas, penolakan sebagian siswi muslim untuk tidak memakai jilbab di sekolah. Dampak yang ditimbulkan dari himbauan tersebut terhadap perilaku siswi muslim di rumah yaitu: perbaikan sikap dengan orang tua, konsep diri semakin jelas, dukungan orang tua dalam pelaksanaan peribadatan. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan himbauan tersebut yang bersumber dari siswi muslim yaitu: kurangnya kesadaran siswi muslim terhadap tujuan pemakaian jilbab di sekolah, merasa gerah ketika memakai jilbab sehingga mengganggu proses belajar mengajar, kurangnya dukungan dari orang tua. Hambatan yang bersumber dari pihak sekolah yaitu: status sekolah negeri, kurangnya sosialisasi kepada orang tua siswi, kurangnya sosialisasi guru kepada siswi. Kata kunci: jilbab, siswi muslim, budi pekerti, SMA Negeri 7 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 16 Oct 2015 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item