Yudan Hermawan, Yudan (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS POTENSI LOKAL PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CAHAYA DI BEJIHARJO KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
Yudan Hermawan.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul Implementasi Pembelajaran Keaksaraan Fungsional Berbasis Potensi Lokal pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya di Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul bertujuan untuk mendeskripsikan: a) Pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis potensi lokal, b) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah penyelenggara program, tutor dan narasumber teknis, serta warga belajar program keaksaraan fungsional PKBM Cahaya Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukaan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan program keaksaraan fungsional berbasis potensi lokal dengan tahapan perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi,perencanaan dengan melibatkan berbagai pihak terkait, dan melihat kebutuhan juga potensi masyarakat atau warga belajar, dalam pelaksanaanya program menggunakan metode pembelajaran orang dewasa, materi dipadukan dengan potensi lokal sehingga selain ilmu pengetahuan juga keterampilan di dapatkan oleh warga belajar, tahap evaluasi sebagai upaya untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan program yang terdiri dari tiga tahap yaitu sebelum, saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran, 2) faktor pendukung pelaksanaan program keaksaraan fungsional berbasis potensi lokal yaitu; semangat warga belajar, sarana dan prasarana, dukungan dari pihak terkait yaitu tokoh masyarakat, dinas pendidikan, serta tutor yang mencukupi dan faktor penghambat pelaksanaan program keaksaraan fungsional berbasis potensi lokal yaitu; usia warga belajar yang sudah tidak muda lagi, karakteristik warga belajar yang berbeda-beda,dan waktu pembelajaran yang terganggu dengan adanya kegiatan sosial kemasayarakatan warga belajar. Kata Kunci : keaksaraan fungsional, potensi lokal, warga belajar vii
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 06:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |