KORELASI ANTARA SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KLATEN TAHUN 2012/2013

Sakti, Reza Ginandha (2013) KORELASI ANTARA SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KLATEN TAHUN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Reza Ginandha Sakti 09208244034.pdf

Download (72MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara sikap kemandirian belajar dengan pencapaian prestasi belajar mata pelajaran Seni Musik siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Klaten tahun pelajaran 2012-2013. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui angket (kuesioner) dan berdasarkan nilai teori yang dicapai siswa. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah korelasional, yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel (kemandirian belajar dan prestasi hasil belajar) Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Klaten yang berjumlah 36 siswa, tanpa terkecuali. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berjenis Multiple choice question, dimana responden hanya memilih satu diantara 5 jawaban tiap butir angket yang disusun berdasar pedoman skala Linkert sesuai dengan jawabannya pribadi. Angket ini terdiri dari 21 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus Product moment dan Alpha cronbach. Pada pengujian normalitas ternyata penelitian ini berdistribusi normal dengan indeks Kolmogorov-Smirnov sebesar 0.491, harga sig (2tailed) sebesar 0.622 pada taraf signifikansi 0.05. Sedangkan Pada Uji linieritas, dari hasil analisis uji Linieritas dengan SPSS versi 16, menunjukkan bahwa F sebesar 1,207 dengan signifikansi 0,702 lebih besar dari 0,05 , maka data penelitian linier. Dari data deskriptif, didapatkan data skor kemandirian belajar siswa termasuk kategori sedang dengan rata-rata skor 63,08, sedangkan skor rata-rata prestasi belajar ternasuk kategori tinggi dengan rata-rata 81,67. Kemudian berdasarkan analisis dari SPSS versi 16, Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, bahwa terdapat korelasi antara 2 variabel, yaitu sikap kemandirian belajar dan prestasi hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi r hitung sebesar 0.643 yang lebih besar dari r tabel untuk N=36 sebesar 0.329 pada taraf signifikansi 5 %, dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi sikap kemandirian belajar siswa pada pelajaran seni musik, maka akan semakin baik pula nilai prestasi hasil belajar seni musiknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, prestasi belajar, seni musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27027

Actions (login required)

View Item View Item