NDISIDANKEBUTUHANALATPERAGAIPA UNTUKMENUNJANGPENERAPAN STANDARPELAYANANMINIMAL(SPM)2013 DISEKOLAHDASARSE-KECAMATANPRAMBANAN KABUPATENKLATEN

Aan, Rudianto (2015) NDISIDANKEBUTUHANALATPERAGAIPA UNTUKMENUNJANGPENERAPAN STANDARPELAYANANMINIMAL(SPM)2013 DISEKOLAHDASARSE-KECAMATANPRAMBANAN KABUPATENKLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
AAN RUDIANTO_10101241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan peralatan pendidikankhususnya alat peraga IPA yangdisesuaikandenganstandarpelayanan minimal (SPM) 2013 di Sekolah Dasar se-Kecamatan Prambanan. Aspek yang diteliti adalah kondisi dan kebutuhan alat peraga IPA yang berjumlah 15 jenis meliputi peralatanpendidikandanposter IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di 30 SD yang berada di Kecamatan Prambanan dengan responden kepala dinas, pengawas sekolah dan pengelola sarana prasarana UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi data sekunder. Data yang diperoleh melalui dokumentasi yang digunakan untuk cek silang hasil data yangdiperolehmelalui analisis datasekunder. Hasil penelitian berdasarkan jumlah alat peraga IPA yang ada di sekolah dasar se-Kecamatan Prambanan, terdapat 62% alat peraga IPA dalam kondisi baik dan layak digunakan. Alat peraga IPA yang tidak dapat digunakan yaitu 38% dengan kondisi yang berbeda-beda. Alat peraga IPA kondisi rusak ringan sebanyak 15%, kondisi rusak sedang sebanyak 10% dan kondisi rusak berat sebanyak 13%. Persentase 62% yang menunjukkan kondisi baik pada alat peraga IPA belum menjamin kebutuhan alat peraga yang dibutuhkan oleh SD seKecamatan Prambanan, persentase tersebut belum disesuaikan dengan jumlah sesungguhnya yang telah disesuaikan dengan SPM 2013. Kebutuhan alat peraga IPA di SD se-Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten apabila disesuaikan denganSPM 2013, yaitu sebanyak 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 01:52
Last Modified: 16 Oct 2015 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27008

Actions (login required)

View Item View Item