KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

Yaris Shidiq, Zamroni (2015) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yaris Shidiq Zamroni).PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional pada kepala sekolah dasar se-Kecamatan Kraton Yogyakarta, yang dilihat dari indikator kharisma (idealized influence), kepekaan individu (individualized consideration), stimulasi intelektual (intelellectual stimulation), dan inspirasi individu (inspirational motivation). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah dasar se-Kecamatan Kraton Yogyakarta dan responden penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar se-Kecamatan Kraton Yogyakarta masuk dalam kategori tinggi (75,66%). Dilihat per indikator kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar se-Kecamatan Kraton Yogyakarta adalah sebagai berikut. (1) kharisma masuk dalam kategori sangat tinggi (81,90%), (2) kepekaan individu masuk dalam kategori tinggi (76,63%), (3) stimulasi intelektual masuk dalam kategori tinggi (74,51%), (4) inspirasi individu masuk dalam kategori tinggi (68,40%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27007

Actions (login required)

View Item View Item