PEMBINAAN PROFESIONALITAS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH DI SD/MI SE-KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL

Wulan, Sari (2015) PEMBINAAN PROFESIONALITAS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH/MADRASAH DI SD/MI SE-KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WULAN SARI_09101241002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan profesional tenaga administrasi sekolah/madrasah yang terdiri dari: (1) kondisi profesionalitas; (2) upaya yang dilakukan TAS/M dan Kepala SD/MI dan; (3) faktor-faktor yang berperan terhadap peningkatan profesionalitas Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah di SD/MI Se-Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah tenaga administrasi dan kepala sekolah/madrasah. Tempat penelitian di SD/MI Se-Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) TAS/M di SD/MI Se-Kecamatan Pleret cukup profesional, indikatornya adalah dari tujuh komponen kegiatan administrasi sekolah/madrasah yang sudah dilaksanakan oleh TAS/M. Namun, pada bagian pengelolaan arsip beberapa TAS/M cenderung bekerja tanpa tuntutan/arahan dari kepala sekolah sehingga TAS/M bekerja berdasarkan keyakinannya sendiri dan tidak sesuai dengan prosedur kearsipan yang seharusnya dan; (2) Upaya yang dilakukan TAS/M untuk meningkatkan profesionalitasnya adalah belajar secara mandiri dibantu dengan kepala sekolah/madrasah dan kepala sekolah mengikutkan TAS/M pada diklat dan sosialisasi serta pembinaan dari kepala sekolah dan; (3) Faktor-faktor yang berperan terhadap peningkatan profesionalitas TAS/M di SD/MI Se-Kecamatan Pleret yaitu motivasi kerja dan mengembangkan diri, kepemimpinan kepala sekolah/madrasah, ketersediaan sarana prasarana kerja, dan iklim kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27006

Actions (login required)

View Item View Item