KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KONTROL BOLA DENGANKEMAMPUAN BERMAIN TENIS MEJA PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA DI SD N 2 KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Andri Prasetya Hutama (2015) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KONTROL BOLA DENGANKEMAMPUAN BERMAIN TENIS MEJA PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA DI SD N 2 KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi (Andri Prasetya Hutama 11604221037).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kontrol bola merupakan fondamen dari teknik permainan tenis meja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ketika peserta ekstrakurikuler bermain tenis meja, rally dalam permainan tersebut hanya berjalan satu sampai dua pukulan. Kemampuan kontrol bola harus ditingkatkan agar dalam bermain tenis meja bisa terjadi rally yang lebih panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan kontrol bola dengan kemampuan bermain tenis meja siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja di SD N 2 Karangsari, baik secara masing – masing maupun secara bersama – sama. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD N 2 Karangsari, dan sampel dari penelitian ini adalah pesertaekstrakurikuler tenis meja di SD N 2 Karangsari yang berjumlah 12 siswa. Pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran dengan instrumen yang digunakan adalah instrumen kemampuan kontrol bola dari AM. Bandi Utamayang memiliki validitas sebesar 0,975 dan reliabilitas sebesar 0,986. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kontrol bola dengan kemampuan bermain tenis meja pesertaekstrakurikuler tenis meja di SD N 2 Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ρ hit ung = 0,983 > ρ = 0,648. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kemampuan kontrol bola maka semkakin tinggi pula (0,05)(10) kemampuan bermain tenis meja peserta ekstrakurikuler tenis meja di SD N 2Karangsari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korelasi, kemampuan kontrol bola, kemampuan bermain tenis mej
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26982

Actions (login required)

View Item View Item