IMPLEMENTASI PROGRAM KURSUS KEWIRAUSAHAAN KOTA DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIJAYA KUSUMA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Nugraheni, Gesta Septi (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM KURSUS KEWIRAUSAHAAN KOTA DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) WIJAYA KUSUMA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Gesta Septi Nugraheni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi program Kursus Kewirausahaan Kota (KWK), (2) Mengetahui Tingkat Kesejahteraan Keluarga Peserta didik Program KWK, (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat program KWK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pengelola PKBM Wijaya Kusuma, Pendidik program KWK, dan Peserta didik program KWK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Implementasi program KWK dari (a) persiapan yang terdiri 4 (empat) tahap yaitu analisis kondisi dan pendataan peserta didik, menentukan jenis kursus, menentukan waktu dan tempat, dan menentukan peserta didik; (b) pelaksanaan meliputi tempat pembelajaran di pendopo Kecamatan Umbulharjo, waktu penyelenggaraan 1 bulan, peserta didik 12 orang, pendidik dari Dinas perindustrian, badan POM, interaksi peserta didik dan pendidik baik, materi pembelajaran dari modul, fasilitas baik hanya kurang pada waktu program KWK hanya diberi per kelompok tidak satu orang satu, pembiayaan dari APBN, metode ceramah dan praktek, strategi berpusat pada pendidik; (c) evaluasi program KWK tes tertulis dan praktek; (2) Tingkat Kesejateraan Keluarga peserta didik keluarga sejahtera I ada 7 orang sebesar 58 % dan keluarga sejahtera II ada 5 orang sebesar 42% (3) faktor pendukung motivasi dari pengelola dan pengurus, keaktifan pengelola dalam penyelenggara program, semangat peserta didik dan faktor penghambat meliputi: permodalan tidak berjalan lancar, kurangnya fasilitas, kurang kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kursus Kewirausahaan Kota, Peningkatan Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26979

Actions (login required)

View Item View Item