UPAYA TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM MANDIRI KRETEK BANTUL

Galih Jatmiko, Galih (2015) UPAYA TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM MANDIRI KRETEK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Galih Jatmiko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional, 2) upaya tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar, dan 3) dampak tumbuhnya motivasi belajar terhadap keberlanjutan program keaksaraan fungsional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu penyelenggara program, tutor dan warga belajar keaksaraan fungsional PKBM Mandiri, Kretek Bantul. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Mandiri meliputi: (a) persiapan, tutor diverifikasi oleh pihak penyelenggara, tutor menyusun silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), (b) tutor menyiapkan materi dan media yang digunakan serta melaksanakan proses pembelajaran seminggu sekali selama 2 jam pembelajaran. (c) penilaian hasil pembelajaran, tutor memberikan penilaian hasil belajar berupa tes dan non tes d) motivasi belajar warga belajar sebelum dilakukan upaya tutor cukup rendah; 2) upaya-upaya yang dilakukan tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar warga belajar keaksaraan fungsional yaitu: a) tutor memberikan motivasi secara pribadi kepada warga belajar, b) pemberian reward kepada warga belajar berupa dana 50% untuk pembelian kacamata, c) penggunaan multimedia pembelajaran sebagai media menumbuhkan motivasi belajar; 3) dampak tumbuhnya motivasi belajar terhadap keberlanjutan program adalah: a) motivasi belajar warga belajar keaksaraan fungsional di PKBM Mandiri sangat tinggi, dari 5 indikator motivasi belajar secara keseluruhan dapat dikatakan baik; b) peningkatan jumlah warga belajar, namun tidak ada dikarenakan warga belajar merupakan undangan dari pihak PKBM; c) keadaan warga belajar setelah lulus adalah sudah mengenal huruf, lancar membaca dan menulis, mengenal IT (Ilmu Teknologi), serta dapat menggunakan alat komunikasi sendiri; d) keadaan kelompok belajar setelah setelah program selesai adalah tetap berjalan dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya, warga belajar dapat melanjutkan ke kesetaraan paket A untuk mendapatkan ijazah setara SD. Kata Kunci : motivasi belajar, program keaksaraan fungsional, upaya tutor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item