IMPLEMENTASI PELATIHAN OPTIMASI BISNIS MELALUI JARINGAN INTERNET BAGI PENGUSAHA KECIL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YANG DISELENGGARAKAN OLEH MATA AIR PRODUCTION

Mahardini Farizki, Mahardini (2015) IMPLEMENTASI PELATIHAN OPTIMASI BISNIS MELALUI JARINGAN INTERNET BAGI PENGUSAHA KECIL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YANG DISELENGGARAKAN OLEH MATA AIR PRODUCTION. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Mahardini Farizki.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil dan dampak dari pelatihan optimasi bisnis melalui jaringan internet bagi pengusaha kecil di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Mata Air Production . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Mengambil lokasi penelitian di lembaga swasta yaitu Mata Air Production yang menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan. Subyek penelitian ini adalah pengelola program, trainer, dan peserta pelatihan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Trianggulasi yang dipakai dalam penelitian adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Perencanaan pelatihan ini diselenggarakan oleh Mata Air Production sebagai pihak pengelola dan tim BISMA sebagai trainer. Penyelenggara menjaring peserta dari semua kalangan masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya. Tim trainer sebagai fasilitator pelatihan adalah orang-orang yang profesional dalam bidang bisnis online. 2). Pelatihan diadakan dalam waktu 2 hari. Materi yang disajikan seputar pengoptimasian bisnis melalui jaringan internet. Metode yang diterapkan trainer dalam pelatihan adalah metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Strategi pembelajaran dalam pelatihan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. 3). Pelatihan ini menghasilkan peserta yang dapat membuat web dan dapat mengoptimasikan internet sebagai media penunjang bisnisnya. 4). Dampak dari pelatihan dapat dilihat dari kesuksesan masing-masing peserta dalam menjalankan bisnisnya. Dari 100% peserta pelatihan, 70% diatantaranya berhasil meningkatkan pendapatan melalui pengoptimasian bisnis mereka melalui internet. Sedangkan 30% peserta pelatihan kurang berhasil meningkatkan pendapatan dari bisnisnya. Kata kunci: pelaksanaan pelatihan, optimasi bisnis, Mata Air Production

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26963

Actions (login required)

View Item View Item