PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT)PEMANDU WISATA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMANDU WISATA DI DEWAN PIMPINAN DAERAH HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA (DPD HPI) YOGYAKARTA

Linda Irawati, Linda (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT)PEMANDU WISATA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMANDU WISATA DI DEWAN PIMPINAN DAERAH HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA (DPD HPI) YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Linda Irawati.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) pemandu wisata di Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Yogyakarta, (2) Keberhasilan program pendidikan dan pelatihan (diklat) pemandu wisata di Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Yogyakarta, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pemandu wisata untuk menigkatkan kompetensi pemandu wisata di Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, peserta diklat, dan narasumber (tutor). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) pemandu wisata di HPI Yogyakarta yaitu: (a) persiapan: rekrutmen peserta dilakukan melalui sosialisasi dengan menyebarkan brosur dan iklan lewat radio, koran, dan internet, (b) pelaksanaan: adanya kerjasama dan interaksi yang baik antara penyelenggaran, narasumber dan peserta diklat sehingga pelaksanaan diklat pemandu wisata dapat berjalan dengan lancar, (c) evaluasi dilakukan melalui dua cara yaitu uji teori dan uji praktek, (2) Keberhasilan program pendidikan dan pelatihan (diklat) pemandu wisata di HPI dapat dilihat dari perubahan peserta diklat terkait dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta banyaknya peserta yang lolos sertifikasi yang dilakukan oleh LSP dari 56 peserta yang tidak lolos hanya 2 orang, (3) Faktor pendukung yaitu: adanya dukungan dari pemerintah, motivasi yang tinggi dari peserta diklat, narasumber yang berkompeten dibidangnya, lingkungan belajar yang nyaman dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu: jumlah jam pelajaran yang dilaksanakan tidak sesuai dengan yang direncanakan dan biaya pelaksanaan diklat. Kata kunci: pendidikan dan pelatihan (diklat), pemandu wisata, HPI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item View Item