IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) PADA PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA BUDI DAYA JAMUR TIRAM DI PKBM NGUDI KAPINTERAN SEMANU GUNUNGKIDUL

Fironika Susilowati, Fironika (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) PADA PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA BUDI DAYA JAMUR TIRAM DI PKBM NGUDI KAPINTERAN SEMANU GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fironika Susilowati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills), (2) faktor pendukung dan penghambat pendidikan kecakapan hidup (life skills), (3) dampak dari pendidikan kecakapan hidup (life skills) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, tutor atau pelatih pendidikan kecakapan hidup (life skills), dan warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program life skills terdiri dari (a) persiapan terdiri dari dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan program life skills, (b) pelaksanaan meliputi tempat pembelajaran disalah satu rumah warga belajar, waktu pembelajaran 3 bulan, peserta didik 60 orang, pendidik diambil dari PKBM dan UNY untuk pendamping, fasilitas baik, biaya dari UNY, metode ceramah dan praktek, proses pembelajaran sudah menerapkan aspek kecakapan life skills yaitu kecakapan personal, kecakapan antar personal dan kecakapan vokasional, (c) evaluasi program life skills tertulis dan praktek. (2) Faktor pendukung motivasi peserta didik, keaktifan pengelola dan pengurus, nara sumber yang baik, dan dana. Faktor penghambat faktor alam kurang mendukung dan kerjasama antara peserta didik masih kurang. (3) Dampak dari program life skills adalah membuka peluang usaha pendidik dan peserta didik, menambah bekal keterampilan, meningkatan perekonomian dan mengenalkan jamur pada masyarakat mengenai jamur tiram adalah makanan bergizi. Kata kunci: Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills), Pengembangan Usaha dan Budidaya Jamur Tiram

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26956

Actions (login required)

View Item View Item