PELAKSANAAN PROGRAM PENDAMPINGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BADAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (BKBPP)KABUPATEN SEMARANG

Lela Wahyudiarti, Lela (2015) PELAKSANAAN PROGRAM PENDAMPINGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI BADAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (BKBPP)KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Lela Wahyudiarti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme pelaksanaan pendampingan terhadap korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), hasil pendampingan terhadap aspek psikologis korban KDRT, serta faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan pendampingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pendamping di Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP), dan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang memperoleh pendampingan dari tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Penentuan informan penelitian ditentukan secara purposive, di mana peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam penentuan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan metode. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Dalam pelaksanaan pendampingan ada mekanisme penanganan terhadap korban yang melaporkan ke tim P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak ), 2) hasil pelaksanaan pendampingan secara psikologis bagi korban. 3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendampingan adalah; a) masalah waktu, b) karakteristik korban yang tidak sama dan penyebab KDRT yang berbeda. c) keterbatasan alokasi dana. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendampingan adalah; a) keberanian korban untuk melapor, b) adanya koordinasi yang baik dengan komponenkomponen tim P2TP2A,c)profesionalisme pendamping, e)MOU(Memorandum Of Understanding)dengan Rumah Sakit Tugu yang berada di Kota Semarang sehingga memberikan kemudahan pelayanan kesehatan. Kata kunci: KDRT, Program, Pendampingan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26953

Actions (login required)

View Item View Item