PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TEKNOLOGI INFORMASI DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Fahrudin Jaka Prasetya, Fahrudin (2015) PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TEKNOLOGI INFORMASI DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fahrudin Jaka Prasetya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses pemberdayaan pemuda melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknologi informasi di Balai Latihan Kerja Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, (2) Manfaat dari proses pemberdayaan pemuda melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknolgi informasi, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) teknologi informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah penyelengara, pendidik, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan pedoman tes. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data, dan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dan membuktikan temuan hasil dilapangan dengan kenyataan yang diteliti dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemberdayaan pemuda melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknologi informasi meliputi: (a) BLK sebagai penyelenggara pemberdayaan, (b) input program meliputi pemuda di masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, ketrampilan, sikap serta pengembangan diri agar berkualitas, (c) proses meliputi : bimbingan kewirausahaan, motivasi kerja dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar teknologi informasi, (d) output berupa hasil yang di peroleh melalui diklat, outcome berupa tidak lanjut setelah selesai mengikuti diklat, (2) manfaat adanya pemberdayaan pemuda melalui diklat teknologi informasi meliputi : peningkatan kompetensi yang dikuasai sehingga menjadi berdaya serta memiliki keunggulan dalam bersikap, berpikir serta mempunyai keahlian dibidang teknologi informasi yang nantinya dapat dijadikan sebagai modal bekerja atau mendirikan usaha secara mandiri, (3) faktor pendorong meliputi : Lingkungan masyarakat yang mendukung adanya pelatihan, Sumber pembelajaran yang memadai, dana mencukupi, tidak dipungut biaya, dan letak BLK yang strategis. Faktor penghambatnya meliputi: Kurangnya media informasi untuk mempromosikan pelatihan, waktu banyak yang tersita, media kurang lengkap, kurang menjalin hubungan dengan perusahaan atau lembaga yang mampu menampung lulusan BLK. Kata kunci: pemberdayaan, pemuda, pendidikan dan pelatihan, teknologi informasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item