POLA PEMBINAAN DI PANTI ASUHAN RUMAH YATIM ARRAHMAN SLEMAN YOGYAKARTA

Kinasih Novarisa, Kinasih (2015) POLA PEMBINAAN DI PANTI ASUHAN RUMAH YATIM ARRAHMAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
kinasih novarisa_10102244005.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan pelayanan melalui pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman; (2) pola pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman; (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman; (4) dampak pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian pengelola, pengasuh, dan anak asuh di Rumah Yatim Arrahman. Teknik pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) proses pelaksanaan pembinaan meliputi perencanaan, pelaksanaan pembinaan spiritual dan keterampilan serta evaluasi. (a) Perencanaan meliputi rekrutmen anak asuh, menentukan jadwal, materi, metode, dan media yang digunakan. (b) Pembinaan spiritual meliputi pembelajaran diniyah, taklim dan tahsin untuk meningkatkan spiritual dan akhlak anak asuh. Pelaksanaan meliputi persiapan; materi disampaikan dengan bahasa sederhana; metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek. Pelaksanaan pembinaan keterampilan meliputi persiapan; metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan praktek serta evaluasi dilakukan melalui praktek. (2) pola pembinaan dilakukan secara rutin dan insidental dalam bentuk pembinaan kepribadian dan kemandirian. Pembinaan kepribadian meliputi pembinaan spiritual, kesehatan, dan bimbingan psikologi. Pembinaan kemandirian meliputi pembinaan bakat, bimbingan belajar, memasak dan keterampilan handycraft; (3) faktor pendukung yaitu minat anak asuh untuk dikembangkan serta hubungan yang baik antara pengasuh dan anak asuh; faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pengasuh dan anggaran dalam mendukung kegiatan pembinaan. (4) dampak pembinaan yaitu perubahan kondisi spiritual dan peningkatan prestasi akademik serta keterampilan. Kata kunci: pola pembinaan, panti asuhan, anak asuh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item View Item