PERANAN TUTOR DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN USAHA WARGA BELAJAR PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DI PKBM INGIN WASIS TEMON WETAN KULON PROGO YOGYAKARTA

Kiki Prabawati, Kiki (2015) PERANAN TUTOR DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN USAHA WARGA BELAJAR PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DI PKBM INGIN WASIS TEMON WETAN KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kiki Prabawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan program KUM dan pengembangan kemandirian usaha warga belajar program KUM di PKBM Ingin Wasis, 2) Peranan tutor dalam mengembangkan kemandirian usaha warga belajar program KUM, 3) Faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat tutor dalam pengembangan kemandirian usaha warga belajar program KUM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola PKBM Ingin Wasis, tutor program KUM, dan warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) pelaksanaan dan pengembangan kemandirian usaha warga belajar KUM dimulai dari tahap perancanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Peranan tutor dalam mengembangkan kemandirian usaha warga belajar yaitu: mengidentifikasi jenis usaha yang berpeluang untuk dikembangkan sesuai potensi lingkungan dan pasar, membantu menuliskan dan mengkomunikasikan rancangan usaha mandiri yang akan dikembangkan, memberikan ketrampilan produksi tertentu sesuai dengan usaha yang dikembangkan, membantu memasarkan produk usaha yang dikembangkan, membantu melakukan analisa perhitungan laba/ rugi dari usaha yang dikembangkan, menjalin kemitraan dalam rangka pengembangan dan kelangsungan usaha dan membantu mengenali produkproduk sejenis dan produsen pesaing produk yang sejenis. 3) Faktor pendukung: tersedianya sarana dan prasarana yang membantu tutor dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan program KUM, kerjasama yang dilakukan tutor dalam usaha pengembangan hasil usaha warga belajar, serta tutor yang menguasai bidang ketrampilan boga serta paham akan program KUM. Faktor penghambat : tutor yang masih belum menguasai ketrampilan usaha tentang bagaimana cara mempromosikan hasil usaha warga belajar. Kata kunci: Kemandirian, Keaksaraan Usaha Mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item