SURVEI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLABASKET DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

Dias Rendra Sofyanto (2015) SURVEI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLABASKET DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
survei manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket di sekolah menengah atas se-kabupaten klaten.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket di sekolah menengah atas (SMA) Negeri se-Kabupaten Klaten masih belum diketahui, dimana keberhasilan ekstrakurikuler olahraga bolabasket salah satunya ditentukan oleh manajemen dan beberapa sekolah masih belum menjalankan fungsi manajemen dalam ekstrakurikuler. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket dari seluruh SMA Negeri di Kabupaten Klaten, sehingga diperoleh gambaran tentang manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket dan sebagai gambaran bagi sekolah untuk meningkatkat manajemen ekstrakurikuler olahrga bolabasket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes SMA se-Kabupaten Klaten, yang berjumlah 15 orang dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juni 2015. Uji validitas dilakukan melalui para ahli yaitu oleh Indah Prasetyawati T. P. S, M. Or (Expert Judgement). Kemudian dilakukan uji coba instrument dengan 15 orang guru penjasorkes di DIY sebagai subjek. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase yang terbagi dalam 5 kategori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa survei manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket di SMA Negeri se-Kabupaten Klaten adalah tinggi. Secara rinci, sebanyak 1 sekolah (6,7%) memiliki manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket sangat rendah, 4 sekolah (26,6%) memiliki manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket rendah, 4 sekolah (26,6%) memiliki manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket sedang, 5 sekolah (33,3%) memiliki manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket tinggi dan 1 sekolah (6,7%) memiliki manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket sangat tinggi. Frekuensi tertinggi terdapat pada interval 159,625- 175,415 sebesar 33,4%, maka survei manajemen ekstrakurikuler olahraga bolabasket di SMA Negeri se-Kabupaten Klaten secara keseluruhan memperoleh kategori tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler Olahraga, Bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 11 Mar 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26945

Actions (login required)

View Item View Item