IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KETERAMPILAN MEMBATIK DALAM PROGRAM PAKET B DI PKBM KYAI SURATMAN

Eva Handayanti, Eva (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KETERAMPILAN MEMBATIK DALAM PROGRAM PAKET B DI PKBM KYAI SURATMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eva Handayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses persiapan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat pendidikan keterampilan membatik dalam program paket B di PKBM Kyai Suratman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek ketua PKBM, pendidik, dan peserta didik. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Persiapan pendidikan keterampilan membatik dilaksanakan dengan cara koordinasi penyelenggara dengan pendidik untuk menentukan tujuan, media, sumber belajar, materi, metode pembelajaran, alokasi waktu, jadwal, dan evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik dilaksanakan secara teori dan praktik. Pelaksanaan pembelajaran yaitu pendidik membuka pelajaran, menjelaskan tentang tujuan pembelajaran, kemudian menyampaikan materi pembelajaran tentang membatik baik secara teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan ada komponen pembelajaran yaitu: peserta didik, pendidik, tujuan, metode, media, kurikulum, materi, kegiatan pembelajaran, sarana prasarana, evaluasi belajar, dan sumber pendanaan. 3) Proses evaluasi pendidikan keterampilan membatik dilaksanakan selama proses pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran. Evaluasinya secara tertulis dan praktik. 4) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik yaitu: semangat pendidik dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan, adanya dukungan dari masyarakat dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan, dan motivasi belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran keterampilan cukup tinggi. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik adalah: sarana prasarana kurang memadai, peserta didik kurang sabar dan kurang ketelitian dalam pembelajaran praktik, dan media pembelajaran yang digunakan pendidik masih minim dan terbatas. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Keterampilan Membatik, Persiapan Pelaksanaan, Evaluasi, Program Paket B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26944

Actions (login required)

View Item View Item