KOMPETENSI SOSIAL PENDIDIK PAUD DI KELOMPOK BERMAIN “BIM BIM CHA” DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Kartika Wijayanti Putri, Kartika (2015) KOMPETENSI SOSIAL PENDIDIK PAUD DI KELOMPOK BERMAIN “BIM BIM CHA” DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kartika Wijayanti Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kompetensi sosial pendidik di Kelompok Bermain Bim Bim Cha 2) partisipasi yang dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan kompetensi sosial yang dimiliki 3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan kompetensi sosial pendidik di Kelompok Bermain Bim Bim Cha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik di Kelompok Bermain Bim Bim Cha. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh lembar observasi, lembar wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data yaitu teknik triangulasi metode. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data diperoleh temuan penelitian bahwa: 1) Kompetensi sosial yang dimiliki oleh pendidik PAUD di Kelompok Bermain Bim Bim Cha meliputi memiliki kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat, mampu berkomunikasi secara empatik dengan peserta didik, mampu berinteraksi dengan teman sejawat secara kooperatif, mampu berkomunikasi dengan orangtua peserta didik 2) Upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan kompetensi sosial di Kelompok Bermain Bim Cha meliputi: kegiatan pertemuan rapat rutin pendidik, kegiatan pertemuan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI), pendidik mengikuti kegiatan seminar, simposium, dan workshop, pendidik melakukan kegiatan kunjungan rumah (home visit), pendidik melakukan sosialisasi kepada masyarakat.3) Faktor penghambat meliputi: perbedaan kesempatan pendidik untuk mengikuti kegiatan seminar, beban kerja yang berat, kurangnya jumlah tenaga pendidik atau pengasuh, karakteristikyang beragam dari peserta didik, orang tua peserta didik, teman sejawat dan masyarakat. Faktor pendukungnya meliputi: peran demokratis dari kepala sekolah, sumberdaya manusia dan budaya. Kata kunci: kompetensi sosial, pendidik, kelompok bermain Bim Bim Cha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26943

Actions (login required)

View Item View Item