Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA

Sumari, Galuh Danang (2015) Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-galuh-danang-sumari-13708251013.swf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas XI di SMA Negeri 7 Yogyakarta materi sistem imun merupakan salah satu materi yang dianggap masih sulit dikuasai siswa kelas XI, proses sistem imun yang rumit dan istilah-istilah ilmiah yang belum dipahami serta keterbatasan variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi dimungkinkan menjadi penyebabnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengembangkan media mobile learning tema sistem imun yang layak sebagai media pembelajaran Biologi SMA kelas XI, serta (2) Mengungkapkan pengaruh media mobile learning materi sistem imun terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan sintesis dari model ADDIE tipe Clark dan model Carey. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 30 siswa SMA N 5 Yogyakarta dan uji coba skala luas dilakukan pada 60 siswa kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian adalah (1) Hasil penilaian pakar media dan pakar materi menunjukkan bahwa media mobile learning tema sistem imun sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas XI SMA, serta (2) Hasil uji coba menunjukkan bahwa media mobile learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mobile learning, sistem imun, berpikir kritis, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26939

Actions (login required)

View Item View Item